Dubes Gendong Ransel Hebohkan Cina

Diposting olehviky on Rabu, 17 Agustus 2011

               
Dubes Gendong Ransel Hebohkan Cina. Foto duta besar Amerika untuk Cina Gary Locke yang sedang menggendong tas ransel dan memesan kopi di sebuah kedai kopi menghebohkan Cina, dalam foto tersebut Duta besar Amerika untuk cina itu tampak Low Profile dan bersahaja berbeda dengan para pejabat kebanyakan, apalagi pejabat di indonesia yang gila status. Hal ini lah yang juga menjadi kehebohan di negara tirai bambu tersebut.


Seperti dilansir dari kantor berita Associated Press pada Rabu 17 Agustus 2011, foto tersebut diambil oleh Zhao Hui Tang, seorang pebisnis yang saat itu sedang bersantai di gerai kopi Starbucks di sebuah bandara internasional. Ia mengaku terkejut melihat Gary Locke -- nama sang Duta Besar -- berada di gerai kopi tersebut, terlihat bersahaja seperti bukan pejabat.


Usai mengambil foto, Tang langsung memperkenalkan dirinya pada Locke, dan mengucapkan semoga sukses untuk pria yang dulunya adalah gubernur negara bagian Washington DC itu. Merasa keren karena bertemu dengan Locke, Tang memposting foto tersebut ke situs jejaring sosial China yang mirip Twitter, Sina Weibo dan memperoleh ribuan komentar positif."Sulit dipercaya hal seperti ini bisa terjadi di China," kata Tang. "Bahkan pejabat rendahan di China saja tidak mau melakukan sendiri hal-hal semacam ini. Akan ada yang memesankan kopi atau membawakan tas mereka."


Menurut Tang, Locke sempat terlihat menggunakan voucher untuk membayar kopi, namun ditolak oleh kasir. Ia akhirnya membayar kopi tersebut menggunakan kartu kredit. Dubes AS pertama yang berdarah China-AS tersebut memang dikenal suka melakukan semuanya sendiri.


Warga China mengaku kagum dengan sikap bersahaja yang ditunjukkan Locke karena di negara mereka sendiri, para pejabatnya dikenal gila status dan manja, bahkan untuk yang tingkatannya tidak terlalu tinggi. "Rasanya sayang sekali China bisa membuat tiruan apa saja, tapi tidak untuk tiruan pejabat publik seperti ini," tulis seorang komentator di sebuah situs China.Saking hebohnya foto Locke ini, surat kabar China Daily sampai memuatnya dalam sebuah editorial khusus yang diberi tajuk 'Ransel dapat menimbulkan kesan yang baik.' Surat kabar tersebut juga menulis, "Mungkin sudah waktunya bagi para pejabat China meniru sifat bersahaja Gary Locke."

Sebaiknya tidak hanya di cina tapi juga di Indonesia dimana para pejabatnya banyak yang gila hormat dan status, lihat saja apa yang terjadi pada hari senin kemarin, dimana dengan semena-mena para anggota DPR memaksa untuk menjenguk nazarudin yang sedang berada dalam tahanan di mako brimob tanpa ada izin dari para penyidik yang menyidik kasus tersebut, para anggota DPR itu dengan arogan melanggar segala aturan yang berlaku dan diterapkan untuk para pengunjung yang lain. Masih segar dalam ingatan kita ada anggota DPR yang meminta perlakuan khusus di bandara, bahkan ada anggota DPRD di Sumatera yang mengamuk di rumah sakit karena tidak mendapatkan perlakuan khusus...sungguh memalukan.
Sudah seharusnya para pejabat di negri ini belajar seperti Gary Locke, yang low profile dan hidup dengan bersahaja, tanpa merasa angkuh, sombong, dan mentang-mentang. 

{ 0 komentar.. read them below or add one }

Posting Komentar

 

Blog Archive