Penelitian: Tidak Masalah Gemuk Asal Kaya

Diposting olehviky on Senin, 10 Oktober 2011

pria gemuk
Hampir semua perempuan tidak ingin terlihat gemuk dan berusaha semaksimal mungkin untuk menurunkan berat badannya. Tapi perempuan cenderung tidak keberatan jika pasangannya kelebihan berat badan asal ia memiliki dompet yang tebal.

Dalam studi ini peneliti menemukan perempuan tidak peduli jika pasangannya memiliki berat badan berlebih asalkan dompet yang dimilikinya menonjol sama seperti ukuran lingkar pinggang yang semakin maju.

Peneliti Pierre-Andre Chiappori dari Columbia University mengungkapkan setiap kenaikan indeks massa tubuh sebesar 10 persen, maka laki-laki yang lajang harus meningkatkan gajinya sebesar 2 persen untuk menjaga pasangannya agar tidak pergi.

"Hal yang kami temukan adalah faktor lain seperti rasa humor justru menjadi kurang penting," ujar Profesor Chiappori, seperti dikutip dari Dailymail, Senin (10/10/2011).

Kondisi ini justru akan menyulitkan laki-laki, karena berapa banyak uang yang harus didapatkan laki-laki untuk menjaga pasangannya agar tidak kabur tanpa memperdulikan berat badannya yang semakin bertambah dan kemungkinan sudah masuk dalam kategori tidak sehat.

"Banyak yang tidak menyadari bahwa ada solusi yang lebih mudah, yaitu lebih mudah mengubah indeks massa tubuh daripada harus mengubah jumlah gaji atau meningkatkan pendidikan," ujarnya.

Hal ini karena berat badan yang berlebih terutama jika penumpukan lemak terjadi di daerah perut yang mana membuat ukuran lingkar pinggang membesar akan meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti gagal jantung, restless leg syndrome, penyakit periodontal, menurunnya fungsi paru-paru, angka kematian yang lebih tinggi serta memicu terjadinya sakit kepala dan migrain.

Untuk mengetahui apakah seseorang memiliki berat badan yang sehat atau tidak berdasarkan nilai indeks massa tubuhnya (BMI), dari nilai BMI ini bisa diketahui apa kategori obesitas yang dimilikinya yaitu:
Kategori BMI adalah:

Kategori Kurus: Nilai BMI kurang dari 19
Kategori Ideal: Nilai BMI 19-24,9
Kategori Gemuk: Nilai BMI 25-29,9
Kategori Obesitas: Nilai BMI sama dengan atau lebih dari 30

Kemudian kategori obesitas dibagi lagi tingkatannya berdasarkan standar WHO:

Obesitas tingkat 1: dengan angka BMI 30-34,9
Obesitas tingkat II: dengan angka BMI 35,39,9
Obesitas tingkat III: dengan angka BMI sama dengan atau lebih dari 40

source : detikHealth

{ 0 komentar.. read them below or add one }

Posting Komentar

 

Blog Archive