Asap Kompor Bunuh 2 Juta Orang Pertahun

Diposting olehviky on Selasa, 18 Oktober 2011

ilustrasi
Tahukah anda asap dari pembakaran kompor dan pemanas yang tak sempurna telah menyebabkan kematian 2 juta orang per tahun? Menurut US National Institutes of Health (NIH), polusi udara dalam ruangan dari kompor telah mempengaruhi sekitar 3 miliar orang atau hampir separuh populasi dunia.

Menurut para ilmuwan NIH ini, selain berdampak pada kesehatan manusia, bahan bakar yang digunakan dalam kompor menyebabkan penggundulan hutan dan kerusakan lingkungan. Kayu, tanaman kering, arang, kotoran hewan, atau bahan bakar batubara yang digunakan untuk kompor memenuhi rumah dengan asap tebal dan menghitamkan langit-langit. Hal ini meningkatkan risiko gangguan kesehatan seperti kanker, pneumonia, dan penyakit paru kronis.

Perempuan dan anak-anak lah yang memiliki risiko terbesar mengalami kerusakan kesehatan karena berada di rumah sepanjang waktu, sedangkan pria biasanya meninggalkan rumah ketika siang hari. Perempuan dan anak perempuan biasanya mengumpulkan kayu bakar untuk kompor. Tugas ini memakan waktu karena mereka harus berjalan bermil-mil dari perkampungan sehingga meningkatkan risiko mengalami kekerasan seksual dan jenis kekerasan lainnya.

Jika perempuan dan anak perempuan tidak perlu menghabiskan begitu banyak waktu untuk mengumpulkan bahan bakar, mereka akan memiliki lebih banyak waktu untuk memperoleh pendidikan dan membangun ekonomi, demikian saran para peneliti seperti dikutip dari HealthDay, Selasa (18/10/2011).

"Banyak orang di negara-negara maju tidak menyadari bahwa asap dari memasak makanan di dalam ruangan berbahaya bagi kesehatan. Upaya Internasional untuk memerangi epidemi ini sekarang sudah dimulai. Peran NIH adalah untuk mendukung penelitian yang akan menentukan sarana yang paling efisien dan hemat biaya untuk menjaga kesehatan manusia" kata Dr Francis Collins, salah satu penulis laporan dan direktur US National Institutes of Health.

Untuk mengatasi masalah ini, PBB telah meluncurkan kemitraan antara publik dan swasta yang disebut Global Alliance for Clean Cookstoves. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kompor dan bahan bakar yang efisien bagi 100 juta rumah pada tahun 2020, dan diharapkan untuk semua rumah nantinya.

{ 0 komentar.. read them below or add one }

Posting Komentar

 

Blog Archive