Orang Konyol Lebih Sukses Dalam Cinta

Diposting olehviky on Sabtu, 29 Oktober 2011

ilustrasi
Setiap orang pasti pernah melakukan tindakan konyol. Mungkin tanpa sengaja Anda buang angin ketika sedang berusaha menunjukkan kemampuan Anda melenturkan tubuh Anda, hasil latihan yoga selama bertahun-tahun. Atau, karena buru-buru ingin duduk, Anda malah terjatuh dengan berdebum di lantai, disaksikan oleh pria yang sedang pedekate dengan Anda!

Tetapi, tenang. Tindakan konyol yang membuat Anda ingin hilang ditelan bumi ini ternyata tidak akan membuat si dia ilfil dan menjauh. Hasil penelitian menunjukkan, sedikit kekonyolan ternyata malah memberikan pengaruh yang baik dalam hubungan Anda.

Studi baru dari University of California-Berkeley ini mendapati bahwa pria dan wanita yang mudah mempermalukan diri sendiri ini dilaporkan memiliki tingkat monogami yang lebih tinggi. Selain itu mereka juga dianggap lebih dapat dipercaya dan murah hati. Secara profesional, orang yang mudah canggung ini juga lebih kooperatif dan cenderung menjadi anggota tim atau partner bisnis yang diandalkan.

Hasil pengujian secara berulang menunjukkan bahwa keadaan memalukan dalam tingkat sedang menandakan kecenderungan menjadi pro-sosial. Sebagian orang memandang individu dengan karakter seperti ini lebih nyambung, sehingga orang lain lebih ingin bekerjasama dengan mereka. Bahkan, tingkat keadaan memalukan yang sedang dianggap merupakan tanda kebaikan seseorang.

"Kejadian memalukan merupakan satu ciri emosional dari seseorang yang bisa Anda percayakan untuk sumber-sumber yang berharga. Itu bagian dari kedekatan sosial yang melindungi kepercayaan dan kerjasama dalam hidup sehari-hari," papar psikolog sosial dari UC Berkeley, Robb Willer.

Namun, tim peneliti juga menegaskan, ada perbedaan antara keadaan memalukan (yang terjadi tanpa sengaja) dan perbuatan "memalukan", misalnya ketika orang sekantor memergoki Anda sedang selingkuh. Jenis yang pertama lah yang akan menyelamatkan hubungan Anda.

{ 0 komentar.. read them below or add one }

Posting Komentar

 

Blog Archive