8 Mitos Seputar Alergi Makanan Yang Menyesatkan

Diposting olehviky on Senin, 24 Oktober 2011

alergi
Reaksi alergi tidak bisa ditebak. Ketika hal itu terjadi, kondisi yang Anda alami bisa sama, atau bahkan lebih parah dari reaksi sebelumnya. Selain itu, seseorang dengan alergi makanan mungkin tidak selalu mengalami gejala yang sama dari suatu reaksi alergi. Misalnya, untuk pertama kali individu mungkin mengalami reaksi gatal-gatal, tetapi reaksi berikutnya bisa jadi muntah.

Selama ini, persepsi masyarakat tentang alergi makanan sangat beragam, sehingga kadang membuat sebuah anggapan yang keliru dan memunculkan berbagai mitos yang belum terbukti kebenarannya. Berikut ini adalah jawaban dari berbagai mitos seputar alergi makanan, yang berkembang di masyarakat :

1. Mitos : Alergi makanan adalah kejadian yang langka Faktanya : Sekitar 12 juta orang di Amerika Serikat mengidap alergi makanan. Alergi makanan lebih umum terjadi di kalangan anak muda dengan perkiraan 1 dari 17 anak di bawah usia 3 tahun memiliki alergi makanan.

2. Mitos : Alergi makanan tidak berbahaya Faktanya : Alergi makanan dapat mengancam nyawa. Anafilaksis adalah reaksi alergi yang parah yang datang sangat cepat dan bisa berakibat fatal.

3. Mitos : Reaksi alergi tidak langsung muncul Faktanya : Gejala reaksi alergi biasanya terjadi dalam beberapa menit sampai dua jam setelah individu tertelan makanan yang memicu alergi.

4. Mitos : Satu gigitan kecil tidak apa-apa Faktanya : Jika seseorang benar-benar alergi, bahkan sedikit makanan penyebab alergi dapat menimbulkan eisiko. Bahkan, kurang dari satu gigitan kecil dapat menyebabkan reaksi yang parah.

5. Mitos : Kacang penyebab satu-satunya alergi makanan Faktanya : Meskipun benar bahwa kacang dapat menyebabkan reaksi sangat serius, namun bukan berarti makanan lainnya tidak dapat memicu reaksi alergi yang parah. Makanan tersebut antara lain, ikan, kerang, dan susu.

6. Mitos:  Memasak makanan mengurangi munculnya alergi Faktanya : Alergi makanan merupakan respon sistem imun terhadap kandungan protein dalam makanan. Protein akan tetap berada di dalam makanan meskipun telah dipanaskan. Anda tidak dapat membuat makanan lebih sedikit menimbulkan alergi, sekalipun telah dimasak.

7. Mitos : Hasil tes tusuk kulit positif berarti alergi Faktanya : Tes tusuk kulit memang prediktif terhadap alergi makanan. Tetapi tes ini kadang-kadang menghasilkan "positif palsu". Percobaan langsung dengan mengonsumsi makanan yang diduga pemicu alergi adalah tes yang paling definitif untuk menentukan apakah Anda memiliki alergi makanan atau tidak.

8. Mitos : Alergi tidak terjadi pada orang dewasa Faktanya: Meskipun alergi makanan paling sering timbul pada anak usia dini, tetapi reaksi alergi bisa terjadi pada usia berapa pun - bahkan di masa dewasa.

{ 1 komentar.. read them below or add one }

techfavo mengatakan...

nice healthy info..
mantap pencerahannya.. tentang mitos dan fakta seputar alergi

Posting Komentar

 

Blog Archive