Waspadai Tewas Karena Alat Gendongan Bayi

Diposting olehviky on Senin, 19 September 2011

Alat Gendong Bayi
Para Orangtua yang gemar menggendong anaknya dengan menggunakan alat gendong yang yang banyak di jual dipasaran sebaiknya waspada, pasalnya seorang bayi yang baru berumur 2 hari di Adelaide,Australia di ketahui tewas dalam kondisi lemas saat di gendong menggunakan sling atau alat gendong yang banyak di jual di pasaran.

Seperti dipublikasikan dalam Medical Journal of Australia, penyebab kematian bayi tersebut memang belum bisa dipastikan. Namun diakui oleh para ahli, penggunaan alat gendong yang cukup populer di kalangan ibu-ibu masa kini merupakan faktor risiko pada kasus tersebut.

"Bayi jika ditempatkan dalam posisi tertentu, termasuk pada kursi pengaman di mobil, bisa mengalami peningkatan risiko kekurangan oksigen, atau bahkan kematian," tulis Prof Roger Byard dan Dr John Gilbert dalam jurnal tersebut seperti dikutip dari News.com.au, Senin (19/9/2011).

Para peneliti tersebut menduga, desain serta bahan yang lembut pada gendongan bayi tersebut justru menyebabkan bayi mudah tertidur pada posisi yang tidak sehat. Posisi yang dikatakan tidak normal bagi bayi untuk tidur ini dapat menekan saluran napas.

Sebelumnya, kematian mendadak saat menggunakan sling atau gendongan bayi sudah sering dilaporkan di negara lain seperti Amerika Serikat dan Kanada. Di kedua negara tersebut, tercatat sudah 16 anak yang meninggal saat digendong sehingga standar keamanan produknya kini makin diperketat.

Selama 2010 saja, lebih dari 1 juta produk gendongan bayi buatan Infantio ditarik dari peredaran dengan alasan keamanan menyusul kematian 3 bayi saat memakai gendongan tersebut. Oleh karena itu, Komisi Keselamatan Produk di Amerika Serikat menyerukan agar produk semacam itu tidak dipakai pada anak usia di bawah 4 bulan.

{ 0 komentar.. read them below or add one }

Posting Komentar

 

Blog Archive