Perenang Tertua Melintasi Selat Inggris

Diposting olehviky on Kamis, 08 September 2011

Dengan fisik yang mulai renta, Roger Allsopp, seorang pensiunan ahli bedah kanker payudara dari Pulau Guernsey nekat berenang melintasi dinginnya Selat Inggris sejauh 34 kilometer, dari Inggris ke Perancis.

Allsopp mengawali petualangannya dari Pantai Shakespeare di Dover, barat daya Inggris, sekitar pukul 8 pagi, Selasa (30/8). Ia membutuhkan waktu lama karena harus berenang zig-zag untuk menaklukkan arus dan gelombang pasang yang kerap tak bersahabat.

Hanya mengenakan celana renang, penutup kepala, dan kacamata, kakek berusia 70 tahun 4 bulan ini tak pernah terlihat menyerah. Perahu kecil yang selalu mengawalnya untuk memberi navigasi dan pertolongan darurat pun tak pernah ia gubris.

Dalam kondisi lelah luar biasa, setelah berenang selama 17 jam 51 menit, Allsopp akhirnya berhasil mencapai sebuah pantai dekat Wossant, timur laur Prancis, pada Rabu pukul 01.51 dini hari waktu setempat.

"Bagi orang setua saya, dapat menaklukkan tantangan fisik dan mental sebesar ini membuktikan bahwa kalian dapat hidup lebih muda jika kalian tetap aktif dalam pikiran dan tubuh," kata Allsopp dalam sebuah kesempatan, usai melakukan aksinya.

Lembaga Guiness World Records segera mengakuinya sebagai orang tertua yang mampu melintasi Selat Inggris (pemegang rekor sebelumnya adalah George Brunstad, yang mampu berenang melintasi Selat Inggris pada usia 70 tahun dan empat hari pada Agustus 2004). Atas prestasi luar biasa ini, Allsopp mendapat hadiah sebesar US$1,2 juta atau sekitar Rp10 miliar yang akan ia sumbangkan untuk menunjang penelitian kanker di University of Southampton.

source : andriewongso.com

{ 0 komentar.. read them below or add one }

Posting Komentar

 

Blog Archive