Tetap Puas Bercinta Di Usia Setengah Baya

Diposting olehviky on Rabu, 04 Januari 2012

ilustrasi
Tidak ada kata tua untuk bercinta. Malah, para perempuan berusia setengah baya yang tetap aktif secara seksual merasa makin puas dengan kehidupan seksnya. Apa rahasianya?

Kemunduran fisik yang dialami seiring dengan peningkatan usia memang berpengaruh pada kemampuan seksual seseorang. Namun, dalam penelitian terhadap 806 perempuan di San Diego Amerika Serikat selama 40 tahun menemukan mayoritas partisipan tetap rutin bercinta.

Bukan hanya itu, para wanita yang rata-rata sudah menopause itu mengaku tetap bisa, bahkan selalu mencapai orgasme saat berhubungan seksual. Walau sudah uzur, para perempuan ini memiliki frekuensi orgasme sama seperti wanit muda.

Hambatan seksual yang sering dialami partisipan studi ini adalah menurunnya gairah seksual. Sekitar sepertiga wanita yang aktif secara seksual mengakuinya.

"Separuh dari perempuan bersuia 80 tahun yang terlibat dari penelitian ini mengakui ada lubrikasi yang baik dan mencapai kepuasan, tetapi sering sulit terangsang," kata Dr.Elizabeth Barrett-Connor, peneliti.

Ia menambahkan, fakta itu menunjukkan bahwa alasan berhubungan seksual bukan hanya karena didorong oleh gairah tetapi lebih sebagai usaha untuk menguatkan hubungan dengan pasangan.

"Dari studi ini terungkap bahwa aktivitas seksual tidak selalu penting untuk kepuasan seksual. Mereka yang tidak terlalu aktif tetap bisa mendapatkan kepuasan melalui sentuhan, perhatian, dan bentuk keintiman yang lain dengan pasangannya," kata Dr.Susan Trompeter, dari UCSD School of Medicine. 

Dengan kata lain, konsep hubungan seksual para orang yang sudah berumur ini tidak hanya terbatas pada kegiatan senggama saja. Kedekatan emosi dan fisik dengan pasangan pun adalah sudah cukup untuk mencapai orgasme.

{ 0 komentar.. read them below or add one }

Posting Komentar