Menendang Rahang Sampai Patah Gigi Nyangkut Di Kaki

Diposting olehviky on Jumat, 30 Desember 2011

berkelahi
Menang maupun kalah, berkelahi sama-sama akan menyisakan penderitaan di kedua kubu. Seperti yang dialami laki-laki asal Kroasia, usai mematahkan rahang lawan patahan giginya malah bersarang di telapak kaki dan memicu infeksi serius.

Laki-laki berusia 29 tahun yang tidak disebutkan namanya ini datang ke Unit Gawat Darurat dengan keluhan kaki membengkak dan terasa sangat nyeri. Kepada dokter, ia mengaku pernah menginjak beling atau pecahan kaca saat sedang tamasya ke pantai.

Dokter yang menanganinya kemudian menemukan bekas luka di telapak kaki, di sela-sela antara jari manis dan jari tengah kaki kanannya. Luka itu menunjukkan, kemungkinan besar memang ada benda asing masuk ke dalamnya dan memicu bengkak karena infeksi.

Namun ketika dipindai dengan sinar-X, tidak ditemukan adanya pecahan kaca di lokasi tersebut. Dokter justru menemukan benda agak lonjong yang bentuknya diyakini sangat mirip dengan gigi manusia, namun saat itu tidak ada yang menyangka bagaimana bisa ada gigi di tempat itu.

Akhirnya pasien itu mengaku, 2 minggu sebelumnya ia berkelahi dengan seseorang yang ditemuinya di pantai. Hanya dengan memakai sandal jepit, ia melayangkan tendangan ke bagian wajah lawan sehingga tulang rahangnya retak dan beberapa giginya tanggal.

Laki-laki tersebut sama sekali tidak mengira ada patahan gigi yang masuk ke kakinya. Bahkan 10 hari kemudian ketika luka di kakinya bernanah, ia datang ke dokter dan luka di telapak kakinya hanya dibersihkan serta diberi antibiotik agar tidak terjadi infeksi.

Baru ketika benar-benar terjadi infeksi dan pembengkakan, laki-laki ini datang ke Unit Gawat Darurat dan saat itu barulah dokter menemukan ada gigi di telapak kakinya. Setelah dikeluarkan, dipastikan gigi tersebut adalah gigi seri yang berasal dari bagian depan rahang lawannya.

"Kami selalu menganggap semua benda asing yang menusuk tubuh adalah kotor," kata Zenon Pogorelic, MD, ahli bedah dari University Hospital Split yang melaporkan kasus itu di Journal of Foot and Ankle Surgery seperti dikutip dari MSNBC, Jumat (30/12/2011).

Dr Pogorelic menambahkan, gigi sangat mungkin memicu infeksi ketika menembus permukaan kulit karena selalu bersinggungan dengan air liur. Menurutnya, air liur mengandung lebih dari 200 jenis mikroba yang sangat mungkin memicu infeksi jika masuk ke dalam jaringan yang terluka.

{ 0 komentar.. read them below or add one }

Posting Komentar

 

Blog Archive