Karena Air Ledeng Tercemar Rambut Pirang Jadi Hijau

Diposting olehviky on Rabu, 28 Desember 2011

ilustrasi
Air ledeng yang tercemar tidak hanya menyebabkan keracunan saat terminum, tetapi juga saat dipakai mandi. Beberapa warga Swedia mengeluh rambutnya yang pirang mendadak jadi hijau setelah keramas dengan air ledeng yang tercemar logam.

Kasus ini dialami oleh warga Anderslov, sebuah kota yang terletak di bagian selatan Swedia. Rambut warga setempat yang mayoritas berwarna pirang keemasan mendadak berubah menjadi hijau usah keramas dengan menggunakan air ledeng dari perusahaan air minum.

Para teknisi langsung melakukan penyelidikan, untuk mengetahui adanya pencemaran logam tembaga yang memang diketahui bisa bereaksi dengan rambut berwarna pirang. Namun dalam pengamatan awal, para teknisi menemukan kadar tembaga di sumber air berada dalam batas normal.

Penyelidikan dilanjutkan ke beberapa rumah yang memiliki penampungan air panas. Ternyata benar, ketika air panas ditampung semalaman maka kadar tembaga mengalami peningkatan hingga 5-10 kali lipat dibandingkan saat dialirkan dari perusahaan air minum.

Diyakini, pencemaran tembagan berasal dari pipa-pipa yang mengelupas karena dilewati air panas. Kondisi terburuk dalam arti memiliki kadar tembaga paling tinggi ditemukan pada rumah-rumah baru, yang umumnya menggunakan pipa berkualitas rendah.

"Sampel air yang kami ambil dari rumah-rumah tua memiliki kadar tembaga yang relatif lebih rendah," kata salah seorang teknisi kesehatan lingkungan, Johan Pettersson kepada harian Skanskan seperti dikutip dari Dailytelegraph, Rabu (28/12/2011).

Solusi untuk menghindari rambut menjadi hijau menurut Pettersson adalah dengan memakai air dingin untuk keramas, atau memperbaiki instalasi saluran air dengan pipa yang lebih baik. Pettersson tidak menyebutkan dampaknya ketika bereaksi dengan kulit saat mandi.

{ 0 komentar.. read them below or add one }

Posting Komentar

 

Blog Archive